Social Profiles

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInEmail

Info

Lorem ipsum no has veniam elaboraret constituam, ne nibh posidonium vel.
DeathVictorian. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

pengertian internet dan intranet


Internet:jaringan internasional/international network .
                Pada awal-nya internet disebut ARPANET  & hanya merupakan jaringan komputer yang sangat kecil yang menghubung beberapa komputer.
Internet kemudian menjadi sumber informasi dan alat komunikasi yang sangat canggih.
Internet ternyata banyak manfaat-nya untuk mencari informasi yang kita butuhkan seperti:informasi tentang ekonomi,politik,militer,olahraga,hiburan,selebriti,wisata,kuliner,ilmu pengetahuan,dsb.
Internet menjadi alat komunikasi dan sumber informasi yang sangat handal .
Ada banyak aplikasi internet yang digunakan,beberapa yang paling banyak digunakan antara lain World Wide Web (WWW),e-mail,Internet Relay Chat,dan VoIP.Manfaat dari  masing-masing aplikasi tersebut antara lain:
1.World Wide Web(WWW),aplikasi ini memungkinkan komputer –komputer yang terhubung ke internet  saling mempertukarkan informasi dalam bentuk halaman web.
2.Electronic Mail(e-mail) atau surat elektronik ,adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik .E-mail memungkinkan  kamu mengirimkan pesan dalam bentuk surat dengan format digital yang akan sampai saat itu juga dengan biaya murah.
3.Internet Relay Chat(IRC):aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet / lebih dikenal dengan sebutan CHATTING .
4.VoIP/Voice over Internet Protocol,adalah teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui jaringan internet (internet protocol).aplikasi ini membuat kamu dapat chatting dengan suara memanfaatkan jaringan internet.
Adapun perangkat-perangakat yang membantu jaringan internet,yaitu:
1.Modem:modulator demodulator/modem berfungsi sebagai mengubah signal digital menjadi signal analog(sinyal listrik / gelombang radio )dan mengubah signal analog menjadi signal digital.
2.kartu jaringan(LAN Card):perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (local area network –LAN).
3.bluetooth:sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz.
4.kartu WIFI:kartu elektronikyang digunakanagar komputer dapat menangkap sinyal WiFi dari sebuah jaringan WiFi.



Pengertian Intranet :

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar